INFO SOSIALISASI

Biotour

Deskripsi

Teknologi BIOTUR adalah sistem pengolahan air limbah dengan reaktor hibrid biofiltrasi yang merupakan kombinasi sistem biofilter terendam dan lahan basah buatan dengan kombinasi tipe aliran vertikal-horisontal di bawah permukaan.

  • Penggunaan media filter dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki distribusi yang merata untuk memaksimalkan porositas (rongga antar material), serta luas permukaan penyaringan yang lebih besar sehingga efektifitas proses dapat dicapai, serta dengan perioda pencucian atau pemeliharaan lebih lama.
  • penggunaan kombinasi aliran vertikal dan horizontal yang dilengkapi sekat dan media tertentu pada zona zona lahan basah dapat meningkatkan efektifitas penyisihan organik, padatan tersuspensi, fosfor, nitrogen, logam-logam, sisa organik, dan pathogen melalui mekanisme pengolahan lahan basah yang meliputi sedimentasi, pengendapan kimia dan adsorpsi, dan interaksi mikroba, juga beberapa penyisihan dengan tumbuhan.

Teknologi BIOTOUR untuk daur ulang air limbah pada prinsipnya terdiri dari pengolahan primer, sekunder, tersier dan desinfeksi. BIOTUR merupakan modifikasi proses sistem biofilm melekat dengan kondisi operasi dapat dilakukan secara anaerobik atau kombinasi anaerobik dan aerobik. Pengolahan lanjutannya dapat menggunakan filtrasi media berbutir dan filtrasi membran serta dilanjutkan dengan desinfeksi.