INFO SOSIALISASI

Tambalan Cepat Mantap (TCM)

Deskripsi

Selama ini penambalan dilakukan dengan campuran konvensional, (1) campuran beraspal panas, (2) campuran beraspal dingin dengan aspal cair (cutback asphalt), dan (3) campuran beraspal dingin menggunakan aspal emulsi. Akan tetapi pada kondisi musim hujan tambalan tersebut hanya mampu bertahan selama 3 hari sampai 7 hari saja. Sementara jika tidak cepat ditangani dapat mengakibatkan kerusakan akan bertambah berat, terutama saat musim penghujan.

Selain itu kendala penambalan dengan menggunakan campuran beraspal panas, waktu pelaksanaan penambalan yang dibatasi oleh temperatur campuran beraspal atau temperatur aspal yang harus masih dalam keadaan panas, padahal umumnya penambalan berupa spot-spot kecil dengan lokasi yang berjauhan. Sementara pelaksanaan penambalan dengan menggunakan campuran beraspal dingin aspal cair memiliki kekuatan awal yang jauh lebih rendah daripada campuran beraspal panas, dikarenakan adanya pelarut dalam aspal yang tidak dapat segera menguap sehingga waktu yang dibutuhkan aspal untuk mengeras relatif lama.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) telah melakukan penelitian dan saat ini sudah tersedia beberapa teknologi tambalan siap pakai yang cepat mantap. Salah satu tipe tambalan siap pakai yang cepat mantap tersebut dibuat dari campuran beraspal dingin yang menggunakan aspal emulsi.

Tambal Cepat Mantap adalah teknologi penambalan instan yang merupakan campuran angregat dengan aspal dingin emulsi MC-800, dengan bahan tambah aditif berbahan dasar organic karet lateks KKK-60 (Super Cold Mix Action-SCMA) yang dikemas dalam kemasan 25 kg.

Produksi TCM-SCMA dengan pencampuran dingin (cold mix) dan proses penghamparan dingin (cold paved) akan memudahkan proses penambalan, sementara bahan aditif berguna untuk memberikan kekuatan awal yang lebih tinggi.